PINTU SYURGA DAN NERAKA

Pintu syurga dan neraka, dalilnya bisa kita temukan di surat Az Zumar ayat 72 & 73 ;

قِيلَ ادْخُلُوا أَبْوَابَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۖ فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ

Dikatakan (kepada mereka): “Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya” Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya”.

Hadist Pintu Syurga dan Neraka,
Sebenarnya tidak ada dalil spesifik yg menyebutkan jumlah pintu syurga ataupun neraka beserta nama2nya, hal itu bisa dilihat dr hadits dibawah ini..

 عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من أنفق زوجين في سبيل الله نودي من أي أبواب الجنة يا عبد الله هذا خير، فمن كان من أهل الصلاة دعي من باب الصلاة، ومن كان من أهل الجهاد دعي من باب الجهاد، ومن كان من أهل الصيام دعي من باب الريان، ومن كان من أهل الصدقة دعي من باب الصدقة.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, niscaya ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, ini adalah kebaikan. Barangsiapa termasuk orang yang giat mengerjakan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa termasuk orang yang berjihad, ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa termasuk orang yang rajin berpuasa, ia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyaan. Dan barangsiapa termasuk orang yang gemar bershadaqah, maka ia akan dipanggil dari pintu shadaqah”. 
Jalur riwayat Muslim

Nama Pintu Syurga dan Neraka
Diantara pintu surga dan neraka adalah sebagai berikut
(1) Pintu Shalat,
(2) Pintu Sedekah,
(3) Pintu Jihad,
(4) Pintu Rayyan,
(5) Pintu al-Ayman,
tmbh 1 lg menurut pendpt ibnu qoyyim (6) Pintu al-Kazhimina al-Ghaizha wa al-Afina ‘an an-Nas.
Kalau firdaus.. lbh tepatnya tingkatan..Dari 8 nama hy 5 yg disepakati, slbhnya ulama berbeda dgn nama2 yg lainnya. Hanya saja, memang ada hadits yg menyatakan bahwa pintu syurga ada delapan seperti hadits riwayat Muslim dlm kitabnya no. 41. Terkait dgn nama2nya, hal itu merupakan ijma dan ijtihad ulama dari nash – nash dalil yang ada.

Terkait nama2 pintu neraka, lebih terbatas dalil penyebutannya. Kalau pun ada yg bilang neraka ada 7 pintu diantaranya adalah :
1. Neraka Hawiyah,
2. Jahim,
3. Syaqor,
4. Lazha,
5. Huthomah,
6. Sya’ir dan
7 Wail..
Maka pendapat itu lbh tepatnya tingkatan neraka, dan itu semua dalilnya merujuk pada penyebutan tempat-tempat neraka dlm alquran, itu semua istilah dlm alquran.
Contohnya :
كَلَّا ۖ لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ

sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.

Bagi kita ikutilah saran hadits ini :
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

”Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.” (HR. Ahmad 12585, Nasai 5521, Turmudzi 2572 dan yang lainnya. Hadis ini dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth dan dinilai shahih oleh al-Albani).

Semoga dengan pengetahuan kita tentang Pintu Syurga dan Neraka, dapat menjadi motivasi meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. Agar dimasukan kedalam syurgaNya dan dijauhkan dari siksan nerakaNya. Aamiin. Yaa Robbal’alamiin..
Wallahu’alam.
By. Ustadz Rusdi

Be the first to comment on "PINTU SYURGA DAN NERAKA"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*